Ganja

ganjaKlasifikasi Ilmiah
 Kerajaan:Plantae

Divisi:Magnoliophyta

Kelas:Magnoliopsida

Ordo:Urticales

Famili:Cannabaceae

Genus:Cannabis

Spesies:C. Sativa

Nama Binomial
Cannabis sativa

Linnaeus

Subspecies
C. sativa L. subsp. sativa

C. sativa L. subsp. indica

 

Ganja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab). Tanaman ganja biasanya dibuat menjadi rokok mariyuana.

Tanaman semusim ini tingginya dapat mencapai 2 meter. Berdaun menjari dengan bunga jantan dan betina ada di tanaman berbeda (berumah dua). Bunganya kecil-kecil dalam dompolan di ujung ranting. Ganja hanya tumbuh di pegunungan tropis dengan ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut.

Ganja menjadi simbol budaya hippies yang pernah populer di Amerika Serikat. Hal ini biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas. Selain itu ganja dan opium juga didengungkan sebagai simbol perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan negara kapitalis terhadap negara berkembang. Di India, sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shiva menggunakan produk derivatif ganja untuk melakukan ritual penyembahan dengan cara menghisap hashish melalui pipa chilam/chillum, dan dengan meminum bhang. (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ganja)
Sejarah Singkat Ganja

Selama berabad-abad. Ganja telah digunakan pada perayaan-perayaan keagamaan di banyak tempat di dunia. Ekstrak-ekstrak kasar ganja lebih dulu digunakan sebagai obat paten di praktek kedokteran, tetapi ekstrak itu ditarik setalah ditemukan tidka efisien dan tidak aman. Ketertarikan baru dalam penggunaan persiapan Ganja sebagai obat muncul pada tahun 1990an. Beberapa Percobaan dilakukan untuk menguji ganja sebagai obat terapi terhadap turunnya berat badan dan rasa mual pada kemoterapi kanker. Namu percobaan-percobaan itu bersifat kontroversial.

Sejak awal tahun 1960-an hashish dan marijuana merupakan obat narkotika yang paling dikenal di Negara-negara barat. Sekarang keduanya disalahgunakan hampir di seluruh tempat di dunia.

Karakteristik Tanaman Ganja

Tumbuhan ganja berumur tahunan dan dapat mencapai 2 meter. Semaknya berwarna hijau segar. Tumbuhan ini memiliki batang yang kuat dan menyerupai jari, daun bergerigi yang sempit dan memiliki 5-9 lembar.

Daerah Penananaman Ganja

Tumbuhan ganja kuat dan tumbuh subur pada iklim sub tropis dan kering. Saat ini Negara-negara yang paling penting dalam pembiakan ganja adalah: Afghanistan, Kamboja, Kolombia, Irak, Jamaika, Libanon, Mexico, Maroko, Belanda, Pakistan, Turki, Amerika Serikat, dan Indonesia. Ganja juga dapat dibiakkan di luar ruangan di zona iklim Eropa Utara dan juga dalam ruangan. Kaca jendela tembus cahaya atau pengaturan-pengaturan khusus yang menggunakan pencahayaan elektrik yang kuat digunakan.

Comments are closed.