PERKUAT KERJASAMA INDONESIA – THAILAND TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN

 
Jakarta, 8 Desember 2016
B/PR-96/XII/2016
==================
Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia perkuat kerjasama dengan Office on Narcotics Control Bureau (ONCB) atau Badan Pengawas Narkotika Kerajaan Thailand dengan malakukan penandatanganan nota kesepahaman, Kamis (8/12). Kepala BNN Drs. Budi Waseso bersama dengan Sirinya Sitdhichai selaku Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Narkotika Kerajaan Thailand secara langsung melakukan beberapa kesepakatan yang tertuang dalam nota kespahaman di kantor BNN Cawang, Jakarta Timur.
Penandatanganan nota kesepahaman di antara kedua negara dilakukan guna mempererat dan mempermudah kerjasama antara Indonesia dengan Thailand dalam bidang Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Selain itu, pembangunan alternatif dalam alih fungsi lahan ganja yang ada di Indonesia dengan mencontoh negara Thailand juga menjadi salah satu isue penting dalam kerjasama ini.
Sebagaimana telah banyak diberitakan bahwa negara Thailand telah sukses dalam alih fungsi lahan opium menjadi agrowisata dan agrobisnis melalui salah satu program pemerintahnya yakni Doi Tung Project. Kesuksesan tersebut telah menginspirasi BNN untuk dapat menerapkan hal serupa di tanah air. Berdasarkan rapat kabinet khusus masalah Narkotika pada bulan Februari lalu, Sidang Komisi Narkotika Dunia (CND) di Vienna pada bulan Maret, Sidang Umum PBB khusus Masalah Narkotika di USA bulan April, Pidato Presiden pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional pada bulan Juni, Sidang ASOD & ASEAN Workplan, kunjungan Kepala BNN dan para Deputi ke Doi Tung Thailand dan berbagai kegiatan hingga ke tingkat Pemda Aceh telah dipersiapkan untuk merancang grand design alternatif di Indonesia sebagai mana Doi Tung Project milik pemerintah Thailand.
Di samping kerjasama dalam program pembangunan alternatif tersebut dengan tetap menjunjung tinggi hukum internasional dan kedaulatan masing-masing negara, BNN dan Badan Pengawas Narkotika Kerajaan Thailand bekerjasama dalam berbagai ruang lingkup diantaranya pengurangan penyediaan dan permintaan Narkoba dalam upaya penanggulangan penyalahgunaan, pertukaran informasi dan pengalaman yang berkaitan dengan penegakan hukum dalam bidang pemberantasan maupun dalam bidang lain seperti teknologi, pendidikan, pencegahan, rehabilitasi dan pemberdayaan masyarakat.
 Selain hal-hal tersebut di atas BNN dan Badan Pengawas Narkotika Kerajaan Thailand juga telah sepakat untuk bekerjasama dalam meningkatkan kapasitas dengan malakukan pelatihan sumber daya manusia kedua negara guna menghadapi ancaman global dari peredaran gelap dan penyalahgunaan Narkotika. Bagi Indonesia nota kesepahaman ini merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam menyelamatkan generasi bangsa dari penyalahgunaan Narkoba. Dengan demikian adanya sinergitas kedua negara diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang terbebas dari peredaran serta penyalahgunaan Narkotika. #stopnarkoba
HUMAS BNN
c47383f4-f45e-4221-84ae-3a1764df8e72
1bfdfe45-8d7a-42c5-a062-6b73747d05cf 8a29b018-8c53-41f9-ad42-a0b1a3ffe3f8

Comments are closed